Posted by : Putri Indo Pertiwi | 7.32 pm
Halo, selamat malam !
Di dua postingan saya sebelumnya, telah saya jelaskan beberapa analisa saya mengenai prinsip Heuristic Evalution atau HE menurut Jakob Nielsen yang belum sepenuhnya diimplementasikan oleh aplikasi order online Dominos (Domino's Pizza Indonesia) yang versi 1.0 -nya telah dirilis untuk iOS sejak 2014 lalu.
Nah, di prinsip Visibility of System Status, aplikasi diharapkan mampu menginformasikan dengan jelas setiap status sistem yang sedang dijalankan aplikasi. Harapannya, agar pengguna tau, sukses atau tidak sukses nya setiap proses yang dilalui pengguna pada saat menjalankan aplikasi. Namun, dibeberapa kali saya mencoba aplikasi tersebut, saya menemukan beberapa masalah yang bertentangan dengan prinsip ini, yaitu :
1. Pizza tracker hanya bisa dijalankan one time.
Aplikasi ini sebenarnya cukup inovatif dalam mengadakan fitur pizza tracker dalam proses order nya. Tujuannya, jelas agar pengguna tau pesanannya dalam status apa. Ada 5 tahapan yang harus dilalui pesanan yang telah dipilih sebelumnya sampai pada akhirnya pesanan tersebut sampai di rumah pengguna. Namun, ada yang aneh disini. Pada screenshot layar pertama, yaitu pada pukul 21.48 WIB, pesanan saya sudah berhasil masuk ke halaman Pizza Tracker. Kemudian pada hasil screenshot layar kedua, pukul 21.50 WIB, status pesanan saya sudah ke tahapan ke 3 yaitu "READY FOR DELIVERY". Tetapi, disaat saya exit dari aplikasi dan masuk kembali ke aplikasi pada pukul 22.09 WIB, pesanan saya yang sebelumnya telah masuk ke tahapan ke 3 dalam tracker malah terlihat belum masuk ke tahapan apapun di dalam tracker. Tentu hal ini membingungkan saya, karena sebelumnya dengan jelas saya memperhatikan pergerakan status tracker dari tahapan 1 ke tahapan 2 sampai masuk ke tahapan 3.
Rekomendasi perbaikan : Seharusnya developer harus lebih memperhatikan setiap proses yang berhubungan dengan transaksi pemesanan di aplikasi ini. Tidak selamanya pengguna aplikasi hanya melotot pada satu halaman saja. Pasti ada kemungkinan disaat pengguna membuka halaman pizza tracker, ada sms atau ada telepon yang masuk sehingga mau tidak mau pengguna harus meninggalkan halaman tersebut terlebih dahulu.
Severity Rating : 3 = Major Usability Problem (penting untuk diperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi dalam perbaikan).
-----------------------------------------------------------------------------------------
2. Kurang lebih 30 menit dalam proses menunggu.
Severity Rating : 4 = Usability Catastrophe (seharusnya diperbaiki terlebih dahulu sebelum aplikasi dirilis).
Sumber :
http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
http://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
Dominos for iOS
Awalnya saya mencoba mengganti Regions yang terdapat di menu bar. Setelah aplikasi memunculkan kotak dialog konfirmasi mengenai apakah saya yakin untuk mengganti region, lalu saya pilih OK, sistem langsung memunculkan sign buffering. Tetapi sign tersebut muncul sangat lama tanpa ada kepastian apa yang seharusnya pengguna lakukan agar buffering tersebut berakhir. Bahkan untuk menutup halaman tersebut (dengan memilih button Close yang terdapat di header) pun tidak menghasilkan efek apa-apa.
Rekomendasi perbaikan : Seharusnya sistem menyediakan case tampilkan kotak dialog untuk problem solving bagi pengguna di dalam logika program, agar pada saat proses yang sedang buffering lebih dari 3 menit pengguna tau apa yang seharusnya dilakukan, leave page dan stop process atau wait until the process done.
Severity Rating : 4 = Usability Catastrophe (seharusnya diperbaiki terlebih dahulu sebelum aplikasi dirilis).
Sumber :
http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
http://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
Dominos for iOS
Pada kasus pertama, mungkin sistemnya dimaksudkan untuk pembeli yang benar-benar ingin beli.. solusi tambahan mungkin dengan memberi dialog konfirmasi transaksi dibatalkan, jika ternyata pengguna berhenti di tengah transaksi.
BalasHapusUntuk masalah kedua bisa jadi karena faktor jaringan, atau transfer data yang lama. Mungkin bisa ditambahkan pesan, "sedang diproses" lalu estimasi waktu agar pengguna juga bisa bersabar.
BalasHapusUntuk kasus pertama, saya pernah memesan pizza dengan aplikasi ini biasanya pizza tracker berjalan tidak sesuai. Walaupun status pemesanan sudah ready namun pihak domino baru menghubungi pembeli dan pesanan baru dibuat. lalu apa fungsi adanya pizza tracker? Semoga developer nya memperhatikan setiap proses yang ada seperti yang dibilang oleh penulis
BalasHapus