Rabu, 03 Juni 2015

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - Dominos for iOS

Posted by : Putri Indo Pertiwi | 6.07 am


Selamat pagi,
Setelah pada postingan sebelumnya saya telah membahas salah satu prinsip HE yaitu Flexibility and Efficiency of Use, pada postingan kali ini saya akan membahas prinsip lain dari HE yang mungkin masih belum diterapkan dengan sempurna oleh aplikasi order online Domino's Pizza , Dominos.

Pada prinsip Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors, diharapkan setiap pesan kesalahan yang terdapat di aplikasi ditampilkan dalam bahasa yang sederhana(tidak dalam bentuk code). Aplikasi juga harus mampu menunjukkan kesalahan terletak dimana dan menyediakan problem solving untuk membantu pengguna. Namun, dalam beberapa kali percobaan, saya menemukan beberapa masalah yang belum sesuai dengan prinsip tersebut, yaitu :

1. "Sorry! <div id="reactivation-dialog-wrapper"> <div class="forgotsection">....."


Kotak dialog pada gambar diatas muncul seketika ketika saya mencoba login dengan alamat email dan password yang telah saya daftarkan sebelumnya. Dan butuh beberapa kali melihat hasil screenshot tersebut, barulah saya menyadari bahwa maksud dari kotak dialog tersebut adalah aplikasi menyarankan saya untuk meng-activate akun saya terlebih dahulu via email barulah saya dapat masuk ke akun yang telah saya daftarkan sebelumnya. Kenapa butuh waktu beberapa kali baru saya faham? karena saya sebagai pengguna, merasa risih melihat tampilan error message berbentuk code seperti itu. Saya juga yakin, pengguna yang lain juga risih membaca tampilan code sepanjang itu.

Rekomendasi perbaikan : Pengguna tidak harus tau code code yang telah digunakan developer untuk membuat suatu aplikasi. Sebaiknya sebelum aplikasi ini dipasarkan di masyarakat, developer harus periksa semua tampilan yang mungkin saja membuat masyarakat bingung seperti ini. Saya yang pernah belajar web desain mungkin faham dengan code seperti itu, tetapi bagaimana dengan masyarakat yang tidak faham mengenai code code itu sama sekali?

Severity Rating : 3 = Major Usability Problem (penting untuk diperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi dalam perbaikan).

-----------------------------------------------------------------------------------------

2. Muncul kotak dialog sudah berhasil, kok malah error waktu login?


Masih permasalahan login. Setelah saya mengisi semua isian yang ada di form Register, lalu saya menekan button merah yang berlabel "Register". Kemudian muncul kotak dialog yang menyatakan kalau saya telah berhasil melakukan register akun saya. Tentu hal yang saya lakukan selanjutnya adalah mencoba login memasukkan alamat email dan password yang telah saya daftarkan sebelumnya. Tetapi, yang terjadi adalah error yang berisi code yang menyatakan saya harus activate akun saya via email terlebih dahulu.

Rekomendasi perbaikan : Sebaiknya, pada kotak dialog yang menyatakan bahwa pengguna telah berhasil register, disertakan juga penjelasan bahwa tahapan yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengecek email dan activate akun yang telah didaftarkan. Jadi pengguna tidak harus repot - repot mencoba login dengan akun yang mereka kira telah berhasil didaftarkan, padahal masih harus melalui tahapan yang lainnya lagi untuk benar benar berhasil melakukan register.

Severity Rating : 3 = Major Usability Problem (penting untuk diperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi dalam perbaikan).


Sumber :
http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
http://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
Dominos for iOS

1 komentar:

  1. pesan error sangat penting agar user dapat mengetahui kesalahan apa yg telah terjadi dan seharusnya disampaikan dengan bahasa yg sangat mudah..
    nice indo! :)

    BalasHapus