Sabtu, 06 Juni 2015

Help and Documentation - Dominos for iOS

Posted by : Putri Indo Pertiwi | 10.17 pm


Pada postingan ini saya akan membahas analisa prinsip ke 5 dari 10 prinsip HE menurut Jakob Nielsen yang yang belum sepenuhnya diimplementasikan oleh aplikasi order online Dominos (Domino's Pizza Indonesia) berbasis iOS.

Pada prinsip Help and Documentation, aplikasi diharapkan menyediakan fitur Help dan Documentation yang akan menjelaskan setiap langkah langkah yang dilalui pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut serta segala penjelasan maksud dari tiap-tiap proses.

Dan beberapa masalah yang menurut saya masih bertentangan dengan prinsip tersebut adalah :

1. No Help, No Guidance.



Tidak terdapat halaman Help dan Guidance. Hanya terdapat Terms of Use yang isinya full text penjelasan tentang aturan penggunaan saja. Sangat disayangkan, padahal ada banyak proses yang alurnya masih belum jelas.

Rekomendasi perbaikan : Sebaiknya halaman Help dan Guidance ada agar pengguna mampu mengerti bagaimana mengatasi setiap permasalahan yang mungkin saja terjadi disaat menjalankan aplikasi. Seperti yang dilakukan aplikasi Instagram seperti berikut :


atau Guidance untuk pengguna yang disediakan oleh path seperti berikut :




Severity Rating : 3 = Major Usability Problem (penting untuk diperbaiki sehingga diberikan prioritas tinggi di dalam perbaikannya).

-----------------------------------------------------------------------------------------

2. Privacy Policy dan Term of Use emang sama?


Dua layar screenshot diatas adalah dua hal yang berbeda. Yang disebelah kiri adalah Privacy Policy yang sebenarnya sementara yang disebelah kanan adalah Term of Use. Tapi, menu title nya kenapa sama-sama Privacy Policy?

Rekomendasi perbaikan : Ubah menu title seusai dengan nama menu yang tertera diawal pengguna memilih menu tersebut.

Severity Rating : 1 = Cosmetic Problem Only.


Sumber :
Instagram for Android
Path for Android
Dominos for iOS



2 komentar:

  1. Menurut saya help itu sangat penting ya misalkan saya ga ngerti pake aplikasi itu mungkin dengan adanya help bisa lebih memudahkan dalam menggunakan aplikasi tersebut, tetapi untuk masalah term and condition sebetulnya ga begitu penting sih karena jarang sekali ada orang yang mau membaca hal sepanjang itu.
    bagus pembahasannya semoga pihak developernya memperbaiki lagi sistemnya.

    BalasHapus
  2. setuju sekali dengan komen diatas saya.

    BalasHapus